top of page

Group

Public·7 members
Hunter Young
Hunter Young

Evaluasi Pembelajaran PDF: A Comprehensive Guide for Teachers and Students


Pembelajaran IPA perlu diusahakan keefektifannya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri. Badan Stándar Nasional Pendidikan (BSNP), menganjurkan untuk melaksanakan pembelajaran IPA dengan pembelajaran Inkuiri. Dengan demikian perlu adanya kesesuaian antara proses pembelajaran dengan evaluasi yang akan diberikan, sehingga ketercapaian hakikat pembelajaran IPA dapat diukur. Dari proses pembelajaran sains iaplikasi konsep merupakan bagian dari hakikat IPA, sehingga menjadi indikator pelakasanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kemunculan aspek aplikasi konsep dalam evaluasi pembelajaran IPA. Selanjutnya, mendiskripsikan dan menganalisi faktor-faktor yang diindikasikan dapat mempengaruhi guru memunculkan aspek aplikasi konsep dalam evaluasi pembelajaran IPA.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan pada 9 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang megajar IPA di kelas IV, V, dan VI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah análisis dokumentasi, lembar observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan persentase dari mengelompokkan dokumentasi dan menggunakan pedoman wawancara untuk melihat permasalahan guru memunculkan aspek aplikasi konsep. Aplikasi konsep yang dianalisis, aspek aplikasi konsep ditemukan cenderung rendah dari dokumen soal-soal yang dilimiki guru. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi guru memunculkan aspek aplikasi konsep yaitu ditunjukkan dengan kurangnya pelatihan dalam menyusun dan melaksanakan evaluasi pembelajaran. Selanjutnya, Guru masih kurang memiliki buku-buku evaluasi yang dapat menjadi pedoman untuk mengevaluasi pembelajaran IPA.




buku evaluasi pembelajaran pdf download


Download: https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Fgohhs.com%2F2u99zo&sa=D&sntz=1&usg=AOvVaw1bQmR8WwGBBYn7ditn3m-M



Salah satu faktor penentu keberhasilan pembelajaran adalah keberadaan media dan atau sumber belajar yang mudah digunakan oleh mahasiswa. Hasil studi pendahuluan dalam proses perkuliahan Evaluasi Pembelajaran di seluruh program studi STKIP PGRI Trenggalek, mahasiswa merasa kesulitan mendapatkan buku ajar yang sesuai dengan kebutuhan perkuliahan dan ini dapat mempengaruhi hasil belajar mereka. Jika kondisi ini dibiarkan maka dapat menghambat pencapaian kompetensi perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa serta melihat kelayakan buku ajar yang dikembangkan. Metode pengembangan buku ajar menggunakan desain model ADDIE yang mencakup: Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluate. Hasil penelitian dari uji ahli materi didapatkan skor persentase 82,00% dengan kategori cukup layak, hasil uji ahli media didapatkan skor persentase 84,44% dengan kategori cukup layak, hasil uji 1 kepada mahasiswa didapatkan skor persentase 80,83% dengan kategori cukup layak, hasil uji 2 kepada mahasiswa didapatkan skor persentase 84,28% dengan kategori cukup layak. Secara keseluruhan hasil penelitian didapatkan skor persentase 82,88% dengan kategori cukup layak. Dengan demikian buku ajar yang dikembangkan cukup layak dan dapat digunakan mahasiswa untuk mendukung proses perkuliahan.


Dalam dunia PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Kegiatan evaluasi dalam pembelajaran PAUD berdasarkan PERMENDIKBUD No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, dimana penilaian anak berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan anak yaitu nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional, seni.


About

Welcome to the group! You can connect with other members, ge...
bottom of page